Memahami Peran Hosting dalam Digital Marketing

Hosting adalah salah satu hal yang penting untuk dipahami dalam kaitannya dengan digital marketing. Dengan memahami berbagai hal dalam digital marketing, maka pebisnis bisa menjalankan promosinya dengan lebih optimal.

Di era kemajuan seperti saat ini, digital marketing menjadi salah satu terobosan baru dalam melakukan pemasaran produk atau pemasaran bisnis yang dijalankan. Efektivitas dan efisiensi yang didapatkan dari penggunaan digital marketing jauh lebih baik daripada pemasaran konvensional.

Digital marketing menjadikan pelaku bisnis bisa melakukan promosi dengan lebih mudah, cepat, dan mudah. Di mana saja dan kapan saja, pelaku bisnis bisa menjalankan promosinya, asalkan ada gadget atau PC laptop, dan jaringan internet.

Pengertian Hosting

Hosting berasal dari bahasa inggris yakni host yang memiliki arti tuan rumah atau pengurus rumah. Hal ini berarti bahwa hosting adalah suatu tempat penyimpanan yang luas. Dalam digital marketing juga menggunakan web hosting yang merupakan tempat penyimpanan data yang merupakan server dan diakses dengan jaringan internet.

Web hosting yang baik dibutuhkan agar digital marketing yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan aman, tanpa mengalami berbagai permasalahan. Oleh karena itu, pelaku digital marketing juga harus seksama dalam menentukan web hosting untuk digital marketingnya.

Peran Hosting dalam Digital Marketing

Hosting dalam dunia digital marketing dapat digambarkan sebagai managemen mall yang di dalamnya terdapat banyak toko yang berjualan. Pihak managemen mall atau hosting adalah penyedia tempat bagi pemilik toko untuk berjualan, sehingga apa yang dijual, dan bagaimana sistem penjualan toko, diserahkan kepada pemilik toko. Pemilik toko yang berjualan di dalam mall tersebut harus meminta izin dan membayar sewa kepada managemen mall.

Begitu pula dalam web hosting, tersedia tempat bagi toko-toko online yang hendak menjual berbagai jenis produknya. Namun demikian, toko online harus menyewa domain dan hosting kepada pihak web hosting. Pelaku toko online harus memiliki domain berupa nama brand toko tersebut, sementara hosting adalah lokasi penyimpanan data toko online-nya seperti teks, gambar, video, dan sebagainya.

Dengan adanya domain dan hosting, maka toko-toko online bisa mendapatkan tempat dan bisa menjalankan toko online-nya di dalam web hosting. Berbagai promosi bisa dilakukan untuk menarik minat para pengguna internet. Dengan demikian, para pengguna akan mengakses teks, gambar, atau video yang diunggah dan disimpan dalam hosting melalui jaringan internet.

Cara Memilih Hosting yang Baik

Dalam menjalankan toko online yang baik, Anda juga harus bisa memilih web hosting yang baik pula. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih web hosting adalah diskpace atau ruang penyimpanan, dan bandwith atau data transfer. Dengan bandwith yang besar, maka kecepatan dan kelancaran akses ke toko online Anda akan sangat baik.

Jasa SEO Jakarta terbaik hanyakdi Semmy Wijayanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *